Baitul Arqam Program Linier Batch I

TIK FIP | 03 Jun 2017

 

Setelah sebelumnya Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) melakukan Kajian Ramadhan 1438 H selama dua hari untuk Dosen, Guru dan Karyawan FIP UMJ dan Lab School FIP UMJ, Selasa-Rabu 30-31 Mei 2017. Kembali FIP UMJ dalam Paket Kegiatan Kajian Ramadhannya melakukan kegiatan Baitul Arqam Batch 1 dan 2, yakni 3 dan 10 Juni 2017.

Sabtu, 3 Juni 2017 telah dilakukan Baitul Arqam Batch I untuk mahasiswa Program Linier (PGSD) FIP UMJ. Kajian Kemuhammadiyahan ini dilaksanakan di Masjid At-Taqwa UMJ. Sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00 kegiatan di hari ke delapan Ramadhan 2017 ini diisi dengan materi-materi:

1. Pengantar dan Pembukaan oleh Rektor UMJ, Prof Syaiful Bakhri, SH, MH.
Pada paparannya, Pakar Hukum Pidana UMJ ini menegaskan bahwa Muhammadiyah menerima Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Darul Ahdi wa Syahadah" adalah ungkapan Negara Pancasila oleh Muhammadiyah.

2. Materi Spirit Gerakan Muhammadiyah dan Ibadah 
Mahmudin Sudin, MA (Kaprodi PAI FAI UMJ) yang juga instruktur senior Baitul Arqam (BA) memaparkan tentang Ibadah yang sesuai dengan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Menurut beliau, Putusan Tarjih Muhammadiyah dibuat bersama beberapa ahli yang tidak hanya berasal dari Muhammadiyah, tetapi juga mengajak organisasi Islam lainnya seperti NU, dll dalam membuat Putusan Tarjih yang berkenaan dengan Ibadah.

Sementara, Ayuhan Asmara, MA yang juga dosen FAI UMJ dan instruktur senior BA ini mengupas seputar sejarah Muhammadiyah sebagai organisasi yang terbesar saat ini di dunia.

3. Materi Etika dan Profesi Kependidikan
Dekan FIP UMJ, Dr Herwina Bahar, MA menguraikan tentang Etika dan Profesi Kependidikan dihadapan lima ratus tiga puluh peserta BA Batch I. Salah satu slide paparan Pakar Pendidikan FIP UMJ ini adalah tentang Etika yang meliputi: pertangung jawaban; pengabdian; kesetiaan; kepekaan; persamaan, dan kepantasan.
Materi yang disampaikan ibu Dekan FIP UMJ ini sekaligus menutup BA Batch I, 3 Juni 2017.

Di sela-sela kegiatan pemberian materi di Masjid At-Taqwa, mahasiswa peserta BA, dibagi ke dalam beberapa kelompok FGD dan RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang dipandu oleh instruktur (dosen) dan mahasiswa/i, immawan/wati Komi FIP, FAI, dan FEB UMJ.

Sebelum Zuhur, dilakukan pelepasan balon ke udara secara simbolik oleh Dekan FIP UMJ, Dr Herwina Bahar, MA yang menandakan secara resmi pembukaan Bazaar FIP UMJ. Pelepasan balon ini disaksikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) UMJ, Dr Rohimi Zamzam, SH, M,Pd, Psikolog. Kegiatan lainnya di hari yang sama dilakukan pula bakti sosial anak yatim sekitar kampus dengan perwakilan dua mahasiswa per kelas.

Baitul Arqam: awal ber-Muhammadiyah dengan sebenar-benarnya.